Sebagaimana negara-negara lainnya di dunia, Jepang sebagai negara besar dan penting tentunya juga memiliki mata uang sendiri. Urgensi mata uang sendiri sangat vital dalam konteks simbol sekaligus kebanggan suatu negara. Mata uang digunakan dalam perdagangan atau sistem tukar domestik (dalam lingkup internal negara). Mata uang suatu negara juga sangat memudahkan untuk melakukan proses transaksi dan menilai komoditas barang dan jasa menjadi lebih sederhana. Soal mata uang ini Jepang mengandalkan Yen Jepang sebagai mata uang resminya untuk digunakan diberbagai kawasan Jepang.

Yen Jepang merupakan salah satu mata uang yang penting di dunia selain Dollar Amerika Serikat dan juga Euro. Yen Jepang ialah mata uang kertas yang banyak dicari dan diburu oleh berbagai kalangan (khususnya pebisnis). Mata uang Yen ini juga banyak dicari oleh sebagian besar negara di dunia. Yen Jepang diucapkan “en” oleh orang-orang Jepang. Kalau dalam bahasa Inggris, pengucapannya tetap sama dengan penulisannya yakni “Yen”. Umur Yen Jepang sudah lebih dari seratus tahun dan pertama kali diluncurkan pada masa pemerintahan Meiji tahun 1870-an. Masyarakat Jepang banyak yang bangga dengan mata uangnya ini.

Yen Jepang juga merupakan simbol dari keadaan ekonomi Jepang yang dinamis dan memiliki pertumbuhan spektakuler. Pasca bangkit dari keterpurukan ekonomi pasca Perang Dunia Ke-2, Yen Jepang kini menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia. 500 Yen Jepang diperkenalkan pada tahun 1982 yang merupakan koin dengan nilai tertinggi dan kemudian digunakan secara teratur. Mata uang Yen Jepang ini memiliki nilai nominal yang tinggi sehingga karenanya sangat rentan menjadi objek pemalsuan pihak-pihak tak bertanggungjawab.

Pemalsuan itu sebagaimana pernah terjadi pada tahun 2000-an, dimana koin 500 Yen banyak yang hilang dari peredaran. Untuk mencegah praktik-praktik pemalsuan, pihak otoritas kemudian mengembangkan fitur-fitur keamanan baru. Yen Jepang berbeda dengan sebagian besar mata uang di dunia, dimana tahun pencetakannya menggunakan tahun kekaisaran dibandingkan tahun masehi. Yen yang dicetak pada 2006 misalnya, memiliki tahun penetakan Keisei 18 atau tahun ke-18 pemerintahan Kaisar Heisei, dan bukannya tahun 2006.

Selamat Berkunjung!

 

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>