Jepang merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau-pulau kecil dan besar. Jumlahnya hampir 7.000 buah pulau dengan empat pulau besar yang sangat popular di Jepang, yakni Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu. Wilayah Jepang terdiri dari pegunungan dan hutan-hutan sehingga sangat cocok untuk areal industri, pertanian. Jepang juga merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di dunia. Kebanyakan masyarakatnya banyak meninggali kawasan pesisir pantai karena lokasi selainnya memiliki tingkat bahaya yang tinggi: lokasinya curam sehingga rawan longsor, gempa bumi, tanahnya lunak dan lainnya.

Iklim di Jepang sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Meskipun demikian, iklim di Jepang bagian utara dan selatannya berbeda. Di kala musim dingin menerjang Jepang,  di kawasan utara Jepang seoerti di Hokkaido mengalami musim salju. Berkebalikan dengan di kawasan utaranya yang malah beriklim sub-tropis. Iklim di Jepang juga sangat terkait dengan tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya dikala musim panas.

Kondisi alam Jepang sangat labil karena memiliki banyak gunung berapi dan kontur tanah yang tidak rata. Posisi Jepang yang berada dalam Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik membuatnya kerap diguncang gempa dalam berbagai levelnya. Bahkan musibah tsunami di Jepang sudah hal yang aneh dan merupakan bencana rutin yang kapanpun bisa menimpa Jepang sebagaimana yang terjadi baru-baru ini. Keadaan geografis Jepang yang memiliki banya pegunungan berapi juga menyebabkan Jepang banyak memiliki sumber air panas yang diantaranya banyak yang dibangun untuk kegiatan kepariwisataan.

Untuk iklimnya sendiri, Jepang terbagi kedalam beberapa zona yakni:

  • Hokaido, yang merupakan kawasan dengan iklim sedang dan memiliki musim dingin yang panjang dan membekukan. Kawasan ini juga memiliki musim panas yang sejuk.
  • Laut Jepang, di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari arah barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada saat musim panas tiba, kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dibandingkan kawasan Pasifik.
  • Laut Pedalaman Seto, yang merupakan barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku yang menghalangi jalur tiupan angin musim. Hal tersebut membuat kawasan ini dalam sepanjang tahunnya beriklim sedang.
  • Dataran Tinggi Tengah, di kawasan ini memiliki perbedaan suhu antara musim panas dengan musim dingin yang sangat mencolok. Begitu juga memiliki perbedaan suhu antara siang dan malam hari yang juga tak kalah mencoloknya.

Itulah keadaan geografis yang dimiliki oleh Jepang yang patut diperhatikan secara seksama oleh Anda yang berniat berkunjung ke Jepang.

Selamat Berkunjung!

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>