Sakura

Sakura, entah sejak kapan bunga ini sering diidentikan dengan Jepang. Bunga Sakura(桜-cherry blossom) ini sendiri sebenarnya tidak hanya tumbuh di Jepang saja, tetapi juga umum ditemukan di China dan Korea. Bahkan untuk sekarang ini juga banyak ditemui di Amerika dan negara lainnya. Ada teori yang menyebutkan kalau nama Sakura ini diambil dari kata Saku(咲く) yang berarti mekar dan juga Kura(蔵) yang berarti berpenghuni atau dengan kata lain pohon ini dihuni oleh roh-roh halus.

Bunga Sakura biasanya mekar dimusim semi pada pertengahan bulan Maret dan berakhir pada bulan Mei. Dari ranting-ranting pohon yang tak berdaun, nantinya akan muncul kuncup-kuncup bunga yang memenuhi seluruh bagian ranting pohon. Nantinya kuncup-kuncup bunga ini akan mekar secara hampir bersamaan, sehingga seakan-akan pohonnya berdaun merah jambu atau keputihan. Umumnya Bunga Sakura hanya dapat bertahan paling lama seminggu setelah mekar dengan sempurna, dan kemudian sedikit demi sedikit kelopak-kelopak bunganya akan berguguran, berganti dengan daun berwarna hijau.

Karena keindahannya yang memang sangat luar biasa, tidak salah jika orang Jepang begitu memuja bunga Sakura dari sejak jaman dahulu sampai sekarang ini. Banyak taman yang sengaja dibagun khusus sebagai tempat menanam Sakura dan tidak hanya sebatang atau dua batang pohon saja tetapi sekaligus banyak. Selain itu, pohon ini juga banyak ditemui di pekarangan sekolah-sekolah dan bangunan umum di Jepang. Dan juga sering dipakai sebagai simbol untuk “tahun yang baru”, bersamaan dengan masuknya para siswa baru ke sekolah dan karyawan baru kantor yang dilakukan pada awal bulan April.

Apabila sudah saatnya menjelang musim semi, acara ramalan cuaca di televisi dan juga situs-situs perakiraan cuaca lainnya akan dipenuhi dengan berita tentang mekarnya sakura. Diawali dari daerah bagian selatan, dan berakhir di bagian utara, tentu saja semua orang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menikmati mekarnya bunga sakura atau yang lebih dikenal dengan Hanami(花見-melihat bunga). Dan biasanya disetiap perakiraan cuaca akan diberitahukan informasi tentang “Perhitungan hari menjelang mekar”.

Sakura

Lamanya bunga sakura dapat bertahan untuk mekar banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca. Apabila cuaca terlalu hangat, maka bunganya akan cepat layu dan berganti dengan daun. Dan juga dipengaruhi oleh curah hujan yang turun serta angin kencang. Hujan deras dan angin kencang membuat kelopak-kelopak bunga yang ringkih ini, cepat sekali rontok.

Jadi, jika anda berencana untuk melihat Sakura mekar sebaiknya memperhatikan beberapa point diatas. Supaya tidak kecewa karena sudah jauh-jauh ke Jepang dan ternyata tidak kesampaian melihatnya.

Beberapa taman yang cukup terkenal sebagai tempat Hanami :

Tokyo :  Ueno Koen, Yoyogi Park, Sumida Koen, Shinjuku Gyoen(Entry Fee ¥200), Meguro Gawa.
Kyoto : Arashiyama Park, Nijojo Castle, Daigoji Temple, Kiyomizudera.
Osaka : OsakaJo, Banpaku Koen, Kema Sakuranomiya Koen .

Ada beberapa taman yang menarik biaya masuk, tapi tidak perlu khawatir karena banyak juga yang tidak memungut biaya sehingga anda bisa menikmati indahnya bunga Sakura sembari berpiknik. Tapi harap maklum jika semua spot yang berada tepat dibawah pohon biasanya sudah dipenuhi oleh orang-orang yang ber-hanami ria karena bisa jadi mereka sudah bergadang semalaman dibawah pohon tersebut supaya tidak ditempati oleh orang lain.

Untuk mencari penginapan disekitar tempat yang telah disebut diatas, bisa anda lihat di “Info Hotel Murah di Tokyo“.

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

One Response to “Sakura”

  1. Sam says:

    Kita butuh panduan tour bahasa Indonesia untuk daerah Osaka, Kyoto/Nara sekitar awal bulan April.
    Apakah anda punya tour program untuk daerah Osaka, Kyoto/Nara sekitar awal bulan April?
    Atau mungkin anda bisa kasih info untuk kemungkinan mendapatkan panduan tour bahasa Indonesia diatas.
    Terima kasih.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>