Harajuku_2Harajuku style, kata-kata ini sering kali terdengar di telinga anak muda jaman sekarang. Sebenarnya apa sih Harajuku itu? “Harajuku”(原宿) merupakan nama salah satu jalan di daerah Tokyo yang akhirnya lebih terkenal sebagai wilayahnya tempat anak muda untuk ajang adu penampilan, baik berbentuk cosplay, bermusik ataupun berdagang barang-barang aneh dan juga ajaib. Wilayahnya yang tidak begitu luas terkadang membuat bingung batasan dimana Harajuku sebenarnya berada. Tapi untuk gampangnya, tempat ini bisa di capai melalui JR Yamanote Line lalu turun di Stasiun Harajuku atau di Stasiun Meijijingumae dengan Subway Chiyoda Line. Atau buat mereka yang ingin menghemat transportasi sekaligus berolahraga, bisa mencoba berjalan kaki mengikuti papan penunjuk jalan dari Shibuya(30min) atau dari Shinjuku(40min). Jadi sudah bisa ditebak kalau Harajuku ini terletak di antara Shibuya dan Shinjuku atau mungkin lebih tepatnya antara Shibuya dan Yoyogi. Untuk info mengenai penginapan disekitar sini, bisa dilihat di Info Hotel Murah di Tokyo.

Daripada bingung membahas wilayah Harajuku, mungkin lebih baik kita membahas “Ada apa disana?”. Jawabannya mungkin hanya berkisar tentang : anak muda, keramaian, tempat shopping, dan juga kuil. Dan ada baiknya anda datang pada siang hari, karena kuil ditutup setelah pukul 17.00 sedangkan pertokoan di Takeshita Dori biasanya hanya sampai pukul 20.00 saja. Jadi jangan sampai anda berkunjung ke Harajuku dan merasa sia-sia karena tidak menemukan apapun juga disana.

Meiji Shrine
Harajuku_1Merupakan kuil yang terletak dibelakang stasiun Harajuku dan berlawanan arah dengan Takeshita Dori. Pada saat memasuki wilayah kuil anda akan terkesan karena seakan-akan meninggalkan hiruk-pikuknya kota besar. melewati gerbang kuil yang tinggi dan lebar jalananannya berkerikil dan dikelilingi oleh pepohonan yang seperti hutan kecil. Kuil ini dibangun pada pemerintahan Meiji sebagai bentuk penghargaan para rakyat terhadap sang Kaisar dan Permaisuri. Sampai saat ini kuil ini masih dipakai untuk penyelanggaran upacara keagamaan, pernikahan dan lain sebagainya.

Cosplay
Harajuku_3Buat orang asing yang datang ke Jepang, terkadang kurang sah rasanya kalau tidak datang ke Harajuku. Tapi kalau dilihat dari paket-paket tour ke Jepang, rasanya hampir tidak pernah ditemukan jadwal untuk berkunjung ke Harajuku. Oleh karena itu kebanyakan mereka yang datang kesini adalah mereka yang melakukan perjalanan sendiri. Tapi, sering kali mereka kecewa ketika sudah berkunjung ke Harajuku karena tidak menemukan satupun anak muda yang berdandan aneh. Ini dikarenakan mereka datang pada hari kerja biasa dimana kemungkinan para anak muda ini sedang sibuk bersekolah. Jadi perlu dicatat, kalau ingin melihat cosplay sebaiknya pada hari minggu dan even-even tertentu. Dan tempatnya adalah disekitar pintu masuk menuju Meiji Shrine didekat jembatan penyeberangan menuju Yoyogi Olympic Stadium.

Nantinya akan banyak ditemukan anak-anak muda bergaya sesuai tokoh anime kesukaan mereka, lengkap mulai dari dandanan, pakaian sampai cara mereka berpose. Tapi bukan berarti dengan mereka berpakaian seperti itu kita bisa bebas menggambil gambar mereka, ada baiknya meminta ijin terlebih dahulu karena kalau tidak, ada kemungkinan mereka akan marah dan meminta anda untuk menghapus gambar yang sudah anda curi istilahnya.

Takeshita Dori
DHarajuku_5Merupakan tempat yang paling ramai di Harajuku, karena dijalan ini banyak sekali toko-toko yang berjualan pakaian, pernak-pernik, kosmetik, makanan dan lain-lain. Sebenarnya tempat inilah yang merupakan jantung dari Harajuku, karena jalan Takeshita ini sendiri jauh lebih ramai daripada jalan yang bernama Harajuku itu sendiri. Jadi jangan kaget kalau seandainya pada akhir pekan anda datang kemari dan ternyata harus berdesak-desakan melewati jalanan ini yang panjangnya hanya sekitar 500m saja. Pada umumnya harga-harga barang yang dijual disini relatif cukup murah bagi anak muda Jepang, karena ada beberapa toko yang menjual tas atau sepatu hanya dengan seharga 1000Yen ataupun baju dibawah 1000yen. Disini juga bisa ditemui Daisho, toko dengan satu harga yaitu 100yen. Selain itu jangan lupa untuk mencoba bermacam-macam pilihan Crepes dengan aneka pilihan rasa.

Meiji Dori
Disepanjang jalan ini bisa ditemui pertokoan yang lebih besar, dan tentunya harga yang di tawarkan juga berbeda. LaForet merupakan salah satu komplek pertokoan yang cukup terkenal disini, letaknya tepat di ujung perempatan menuju ke arah Omotesando. Di seberang jalan anda bisa menemui GAP dan juga Adidas store. Tidak ketinggalan, Forever21 dan H&M juga bisa ditemukan didekat sini. tempat ini sangat cocok bagi mereka yang suka shopping seharian.

Omotesando
Harujuku_5Omotesando juga merupakan salah satu tempat shopping yang cukup terkenal di Jepang, khususnya bagi mereka pecinta barang bermerk macam Louis Vitton, Chanel, Prada, dan lain sebagainya. Bagi mereka yang hendak mencari oleh-oleh bisa mencoba mampir di Oriental Bazaar karena disini banyak tersedia pilihan mulai dari barang pecah belah, aksesoris, kaos, yukata dan juga kimono. Tidak ketinggalan pula Kiddy Land yang menjual barang-barang menarik untuk anak-anak dan juga orang dewasa mulai dari produk Disney, hingga robot-robot lucu dan barang-barang hobi lainnya.

Harajuku Dori
Sekedar petunjuk bagi mereka yang ingin menemukan jalan Harajuku yang sesungguhnya : Keluar dari stasiun Harajuku dan berjalan lurus melalui Takeshita Dori sampai Meiji Dori, dan nantinya diseberang jalan anda akan menemukannya. Harajuku street yang asli akan terlihat jauh lebih sepi dan tak banyak peminat, tapi ada beberapa butik dan toko menarik yang bisa ditemui disana.

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

2 Responses to “Harajuku”

  1. alice.jigoku says:

    thanks buat informasinya, berguna banget! ^^

  2. Aruma Karisuta Damayanti says:

    Thanks for the information >_<

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>